...Langkah Tepat untuk Urusan Cepat...

Friday 2 October 2015

Cara Jitu Naik Bus AKAP

Terminal Kampung Rambutan
Anda pernah pulang kampung?? 
Pertanyaan yang tidak asing bagi para perantau di Ibukota Jakarta yang berasal dari daerah di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Bagi para perantau yang belum mempunyai kendaraan roda dua atau empat, maka menggunakan bus adalah alternatif terbaik dan murah.

Agen Bus
Perjalanan sebaiknya dilakukan pada malam hari untuk menghindari kepadatan di jalan raya.

Anda harus pergi ke agen bus untuk membeli tiket, atau ada juga Bus yang menjual tiketnya langsung di atas bus. 




Jika anda membeli tiket di agen bus, maka bus akan datang menghampiri saat keberangkatan tiba.
Bus AKAP
Sedangkan untuk alternatif lain, anda harus pergi ke Terminal Bus AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) semisal Terminal Kampung Rambutan, Terminal Pulo Gadung dll untuk mendapatkan bus.
Pemberhentian Agen Bus

Saat masuk terminal, siapkan uang administrasi sekitar Rp 2.000,00 untuk diserahkan ke petugas. 
Atur langkah anda dengan santai tapi pasti karena para calo bus akan mengelilingi dan menanyakan 'mau kemana pak/bu/boss'...'naik bus ini aja'..dll.

Bus AKAP
Pilih bus yang familiar di kalangan pemudik untuk mengantarkan anda ke tempat tujuan. Pemilihan ini harus jadi prioritas untuk menjamin kelangsungan perjalanan anda tanpa ada peluang dipindahkan ke bus lain karena jumlah penumpang tidak penuh.

Tiket Bus
Masuk bus dan cari tempat duduk yang nyaman, biasanya bagian depan terisi lebih dahulu karena orang memilih akses keluar masuk yang mudah dan cepat.
Taruh barang bawaan di bagasi di depan atau tepat di atas tempat duduk anda, jika tidak muat letakkan di bawah kursi. 




Tiket Bus

Kursi penumpang
Awas tukang ngamen dan pedagang asongan yang akan hilir-mudik selama bus menunggu penumpang sampai masuk ke jalan tol. Jika memungkinkan anda tidak perlu memberi pengamen, tetapi jika kondisi tidak memungkinkan (Pengamennya bergerombolan, bertato, suaranya mengancam dll) anda harus menyiapkan uang koin minimal pecahan 500 rupiah.
Tiket Bus

Tiket Bus
Untuk pedagang asongan, terserah anda akan membeli barangnya atau tidak. Sebagai informasi, biasanya harga di pedagang kawasan terminal lebih mahal daripada di toko biasa di luar. 

Kondektur bus akan mulai menarik biaya tiket saat bus sudah masuk di jalan tol. Siapkan uang pas untuk menghindari penangguhan penyerahan uang kembalian. 
Kondisi ini terjadi karena uang kembalian kondektur biasanya terbatas. Ia akan menyerahkan uang kembalian setelah berhenti di Tempat Istirahat.




Toilet dalam Bus

Bus akan berhenti di tempat istirahat langganan di daerah sekitar nagrek untuk trayek jalur selatan jawa. Tempat istirahat yang berjarak hampir 3 jam untuk kondisi normal membuat anda harus mengontrol aktivitas meminum air putih, supaya anda nyaman di bus yang tanpa ada fasilitas toilet.
Interior Toilet

Saran saya saat bus berhenti prioritas pertama anda adalah ke Toilet (siapkan uang Rp 2.000,00 untuk amal) untuk BAK atau BAB. setelah itu anda bisa sholat di mushola, lalu mengantri di tempat makan dengan sistem prasmanan, mengambil semua makanan lalu membayar di ujung meja.
Tetapi jika uang anda terbatas, kios-kios makanan di pingging warung makan utama bisa jadi pilihan yang menjual gorengan, mie kemasan, mie baso dan mie ayam.

Ketika anda hampir sampai tempat tujuan, siapkan uang untuk transportasi lanjutan karena biasanya harus naik kendaraan ojek (berbagi rejeki) untuk sampai persis depan rumah.

Demikian cara jitu naik bus AKAP, semoga anda dimudahkan.

No comments:

Post a Comment