...Langkah Tepat untuk Urusan Cepat...

Friday 16 October 2015

Empat Ketakutan Memulai Usaha


Hasil diskusi dengan seorang teman yang sudah berpengalaman terjun dalam usaha percetakan dan penjualan kaos anak pada hari sabtu tanggal 10 oktober 2015 jam 09.00 wib. Menurut beliau, dahulu pada saat memutuskan akan fokus dalam usaha dan keluar dari pekerjaan ada empat hal yang menjadi faktor menakutkan  dalam mengambil keputusan. Empat faktor tersebut adalah:

Tidak punya modal.
Modal sepertinya menjadi batu penghalang paling besar, saat seorang ingin memulai usaha. 

Modal identik dengan uang , padahal apabila di urai lebih lanjut modal tidak cuma berupa uang, ia dapat berupa ide, kesempatan, gagasan, tenaga.

Mau jualan apa?
Saat masalah modal (uang) teratasi maka munculah ketakutan yang kedua yaitu mau jualan apa? Barang atau jasa yang akan anda jual hendaknya mempunyai keterkaitan dengan hobby bukan sekedar mengikuti trend di pasaran. Misal, saat trend batu akik anda berjualan batu akik dan saat pemasaran batu akik menurun lalu muncul trend ikan hias anda beralih berjualan ikan hias. 

Tidak salah berjualan mengikuti trend, tetapi untuk usaha jangka panjang dan berkesinambungan, hendaknya anda fokus pada produk atau jasa dimana anda suka dan mempunyai sumber daya untuk memeliharanya.

Kelemahan lain dalam berjualan mengikuti trend adalah pelanggan akan mudah anda kecewakan saat kunjungan yang kedua atau ketiga kalinya. Mengapa itu terjadi, karena anda sudah beralih jualan produk atau jasa lain yang lagi trend. Image buruk pelanggan terhadap anda sudah terbentuk, dan ini adalah hal yang menghambat kesuksesan usaha anda. 



Jualannya dimana?
Modal sudah ada, barang atau jasa yang akan dijual sudah ada lalu jualnya di mana? Bagi anda yang mempunyai uang banyak, membeli atau menyewa kios dan ruko tentu bukan masalah, tapi bagi yang mempunyai keterbatasan uang maka bergabung dengan komunitas pasar kaget atau pasar malam tentu layak untuk di coba. 

Pemilihan tempat berjualan harus fokus pada pusat konsentrasi massa dan waktu terjadinya. Setidaknya dua hal ini akan membuat peluang menjual lebih terbuka.



Laku ga ya?
Ketakutan terakhir dalam usaha adalah laku ga ya? Kesuksesan sebuah usaha bukanlah hal yang dicapai secara instant. Tapi ia adalah kumpulan dari proses, hari, semangat dan pantang menyerah. Jangan mengharapkan kesuksesan di hari, minggu, bulan atau tahun pertama, karena waktu tersebut adalah masanya pengenalan produk atau promosi.


Jangan patah semangat , jika di hari pertama anda ga berhasil menjual. Tapi anda telah menarik orang untuk berhenti, melihat-lihat dan bertanya berapa harganya. 


Jangan kesal dengan cemoohan orang karena itu artinya produk atau jasa anda sudah menjadi tema dan ini promosi mulut ke mulut gratis. 

Hari pertama adalah pengenalan tempat dan produk ke konsumen, pengenalan karakter konsumen dan pembelajaran kesuksesan kompetitor. Hari-hari selanjutnya adalah proses memelihara peluang, mengembangkan produk dan strategi serta akhirnya memetik hasil

Anda dapat membaca cara jitu pompa semangat usaha untuk menambah amunisi dalam mengarungi medan usaha. Demikian empat ketakutan memulai usaha, semoga dimudahkan.

Jangan lupa kunjungi  banknotess.blogspot.com untuk informasi mata uang seluruh dunia.

No comments:

Post a Comment