...Langkah Tepat untuk Urusan Cepat...

Friday 18 September 2015

Cara Jitu Berwisata ke Kawah Putih Bandung




Tempat wisata Kawah Putih berada di Gunung Patuha di Selatan Bandung. Udara yang sejuk dan pemandangan gunung yang hijau menggoda setiap orang untuk mendatanginya. Ada beberapa cara jitu yang dapat dijadikan panduan anda untuk mendatangi Kawah Putih supaya perjalanan menjadi menyenangkan.


  • Waktu Perjalanan
Tugu Petunjuk Jalan
Bagi warga Jakarta dan sekitarnya yang ingin mengunjungi Kawah Putih dapat menempuh perjalanan pada malam hari, lebih tepatnya Jumat sore atau Jumat malam selepas pulang kerja. Untuk menghindari kepadatan di jalan tol sebelum bekasi barat, anda dapat pergi dari rumah  jam 17.00 atau jam 20.00.

Saat perjalanan malam, volume kendaraan lebih sedikit dan tidak ada panas matahari. Setelah masuk ke tol daerah Bandung anda harus bersiap keluar di gerbang Bandung Kopo.


Gerbang Utama
Perjalanan dilanjutkan dengan mengikuti jalan raya ke arah Soreang Ibukota Kabupaten Bandung. Anda dapat mengikuti petunjuk jalan sehingga melewati Tugu strawberry, Komplek Gedung Pemerintah Kabupaten Bandung hingga jalanan menanjak menuju kecamatan Ciwidey.

Dari kecamatan Ciwidey anda dapat melanjutkan perjalanan mengikuti jalan raya yang hanya ada satu dan tetap dengan jalur menanjak hingga sampai pintu gerbang Kawah Putih. Hati-hati memacau kendaraan anda karena jalanan sempit apalagi saat berpapasan dengan kendaraan lain lebih baik untuk menurunkan kecepatan 
  • Penginapan
Penginapan
Sepanjang jalan raya menuju Kawah Putih banyak tersedia penginapan yang dapat anda pilih. Saran saya anda memilih penginapan yang mendekati tempat wisata, untuk menghindari kepadatan di jalan raya yang menanjak saat anda memilih penginapan jauh di bawah. Harga penginapan bervariasi rata-rata antara Rp 350.000,00 sampai dengan Rp 500.000,00.

Pastikan memilih penginapan yang menyediakan air panas untuk
Salah satu Penginapan
keperluan pribadi. Sebelum berangkat berwisata,saya ingatkan anda untuk membawa pakaian hangat, kaos kaki, sarung tangan, jaket dan tutup kepala karena suhu rata-rata di kawasan Kawah Putih berkisar 5 sampai 18 derajat Celcius. Bagi anda yang datang pada malam hari dan belum terbiasa dengan udara dingin, maka perlengkapan di atas akan sangat membantu menghangatkan badan. 

  • Tiket masuk
Iformasi tiket
Loket Tiket
Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi untuk sampai ke Kawah Putih dari pintu gerbang atau menggunakan kendaraan ontang-anting untuk kenyamanan karena jalur yang menanjak dan jalan sempit tapi sudah beraspal. Ingat untuk berpegangan erat pada tiang-tiang mobil karena laju kendaraan yang cepat dan jalan berkelok-kelok.

Tempat pembelian tiket dan jalur kendaraan ontang-anting sudah disiapkan dengan baik sehingga anda tidak perlu khawatir untuk berdesakan menaikinya. Siapkan tiket untuk pemeriksaan petugas sebelum anda dapat kendaraan ontang-anting.


  • Kawah Putih
Parkir atas
Papan Informasi
Sarung tangan, sepatu, kaos kaki, jaket, kacamata hitam dan masker adalah perlengkapan yang dapat anda siapkan untuk kenyamanan saat menikmati Kawah Putih.
 Di tempat parkir kendaraan, anda dapat berfoto di tulisan 'Kawah Putih'. Apabila anda tidak membawa masker, ada pedagang yang menjajakannya. Masker diperlukan karena asap belerang yang berbau menyengat dari Kawah Putih dapat mengganggu kenyamanan berwisata.
Papan Informasi

Kawah Putih
Papan Informasi
Ingat untuk mematuhi peraturan yang tertera di papan pengumuman dan berada di Kawah Putih maksimal 15 menit untuk menghindari rasa pusing dan mual. Ada tali tambang di sekeliling danau kawah yang tertera tulisan tentang batasan bagi pengunjung. 



Mushola
Toilet
 Di tempat parkir kendaraan tersedia Toilet dan Mushola yang relatif bersih dan nyaman di samping gedung informasi serta di samping Terminal kendaraan ontang-anting.




  • Akhir Perjalanan
Terminal Atas dan Gardu Pandang
Setelah merasa cukup di Kawah Putih anda harus naik tangga kembali untuk kembali ke tempat parkir. Saat beristirahat sejenak di Terminal sebelum turun ke bawah, ada gardu pandang yang dapat anda pakai untuk berfoto dan melihat sekeliling kawasan. Siapkan tiket masuk untuk pemeriksaan penumpang Ontang-anting.


Flora Kawah Putih
Di parkiran bawah dekat pintu gerbang, pengelola telah menyediakan area untuk berbelanja cinderamata Kawah Putih seperti pakaian, makanan ringan, buah Strawberry dan Blueberry selain itu tersedia pula Rumah Makan untuk mengisi perut anda. 

Jangan lupa ketika ada di Bandung Selatan untuk mengunjungi Situ Patenggang yang tidak terlalu jauh dari Kawah Putih, jadi sekali jalan dua pengalaman terlampaui.

No comments:

Post a Comment