...Langkah Tepat untuk Urusan Cepat...

Friday 18 September 2015

Cara Jitu Berwisata ke Situ Patenggang Bandung





Gerbang Rancabali


Situ Patengang adalah Danau yang terdapat di selatan Bandung. Letaknya yang berdekatan dengan Kawah Putih biasanya menjadi satu paket yang terpisahkan bagi wisatawan lokal maupun luar negeri. Untuk menjangkaunya selepas dari Kawah putih, anda belok kiri mengikuti jalan raya. Jalur ini hanya ada satu dan sedikit persimpangan jalan sehingga mudah untuk di ikuti. Sepanjang perjalanan yang berkelak-kelok anda dapat menikmati pemandangan berupa hamparan daun teh di Perkebunan teh Rancabali.


Icon Situ
Setelah perjalanan kurang lebih 20 menit, anda akan tiba di persimpangan jalan, belok kanan adalah jalur ke Situ Patengang dan lurus adalah jalur ke Cianjur. 300 meter kemudian pintu gerbang sekaligus loket wisata sudah terlihat. Saran saya, anda berhenti sejenak sebelum membeli tiket untuk berfoto di bawah tulisan 'Situ Patengang' yang  merupakan icon tempat wisata tersebut. Hal ini dilakukan karena tempat keluar dari Situ Patengang memakai jalan yang berbeda.


Gerbang Situ
Harga tiket tidak terlalu mahal untuk wisatawan lokal, seperti terlihat dalam poster di tiang Gerbang masuk. Selama perjalanan menuju tempat parkir, Situ Patengang sudah terlihat dari ketinggian.
sekitar 5 menit perjalanan yang di tempuh dari Gerbang Tiket dengan hamparan kebun teh di kiri dan kanan jalan.


Tempat Parkir
Tempat parkir yang disediakan pengelola cukup luas untuk wisata danau yang terletak di dalam perkebunan teh. Setelah memarkirkan kendaraan, anda dapat menyusuri jalan menuju danau atau lewat jalan pintas di pinggir Situ menuju dataran yang cukup luas karena di tempat ini terdapat Lapangan volley, Dermaga perahu kayu dan Dermaga perahu bebek.


Prasasti Situ Patengang

Sepanjang jalan terdapat toko-toko cinderamata, minuman, makanan besar dan kecil seperti Warung nasi, Gorengan, Siomay, dan Sate Strawwbery berlumur coklat. Harga standar tempat wisata. Jalan tersebut adalah jalan keluar sekaligus jalan ke dataran utama Situ. Ada Prasasti yang menceritakan tentang legenda dan bangunan informasi.



Pulau Asmara
Anda akan di tawari oleh penarik perahu untuk berkeliling Situ dan singgah di Batu Cinta, Pulau Asmara, untuk jasa ini setiap penumpang dikenakan biaya Rp 25.000,00 atau borongan 1 perahu Rp 300.000,00. Perahu Bebek juga disediakan pengelola untuk wisatawan yang ingin bermain di Situ.
Sisi Situ Patengang



Dataran Lapangan Volley

Selain wisata berkeliling danau, anda dapat bermain bola Volley atau menikmati keheningan dan kesejukan udara Situ Patengang yang hampir sama dengan udara di Kawah Putih berkisar 5 sampai 18 derajat Celcius sambil menikmati makanan dan minuman.


Dermaga Perahu Kayu dan Bebek
Anda kemungkinan tidak akan menghabiskan waktu lama di Situ Patengang selain hanya untuk pengalaman bahwa selama hidup pernah berkunjung ke daerah tersebut. Oleh karena itu, Cinderamata mungkin menjadi pengingat perjalanan anda, seperti kaos yang berkisar Rp 35.000,00 sampai Rp 100.000,00. atau Strawberry dan Bluberry dalam kotak seharga Rp 10.000,00 sampai Rp 15.000,00.

Saran saya anda membeli Strawberry di tempat tersebut, karena harga di perkebunan Strawberry dengan fasilitas petik sendiri satu kilogram adalah Rp 50.000,00.





No comments:

Post a Comment