...Langkah Tepat untuk Urusan Cepat...

Tuesday 22 September 2015

Cara Jitu Kirim WU di Bank


Untuk detail tentang WU (Western Union), Anda dapat membuka kembali tulisan saya terdahulu tentang Cara Jitu Narik WU di Bank. Tulisan kali ini ingin mengupas tata  cara pengiriman uang melalui WU di Bank. 

Kenapa pilih Bank?? 
Ya, Bank lembaga keuangan yang orientasinya adalah pelayanan jadi harapannya kita akan dilayani dengan baik, ruangannya ber-AC dan nyaman, wangi serta aman.


Beberapa hal yang harus anda persiapkan untuk pengiriman WU:
  1. Uang untuk di kirimkan (Cash atau dari rekening Bank pengirim WU)
  2. Identitas diri asli berfoto yang masih berlaku (ktp,sim,passport). 
  3. Nama pengirim
  4. Nama penerima
  5. Nominal pengiriman uang (dalam mata uang negara penerima atau mata uang rupiah)
  6. Neon Sign WU
  7. Materai

Tahapan-tahapan yang anda lalui dalam proses pengiriman WU adalah;
  1. Memakai pakaian yang baik dan tidak memakai sandal jepit, sebagai bentuk apresiasi terhadap diri sendiri dan menghormati orang lain.
  2. Pastikan Bank yang anda tuju adalah Bank yang bekerjasama dengan WU, biasanya ada plang atau neonsign WU di depan gedung.
  3. Sampaikan maksud kedatangan untuk mengirim WU ke Security Bank. Nanti akan diberikan nomor antrian Customer Service.Silahkan duduk di kursi antrian sampai ada panggilan nomor antrian anda dari CS.
  4. Ketika di hadapan CS sampaikan maksud kedatangan untuk mengirim WU. Anda akan diminta mengisi formulir pengiriman uang yang isinya antara lain identitas, pengirim dan penerima WU, negara penerima serta jumlah uang yang dikirim (Sistem WU mempunyai kurs tersendiri).
  5. Setelah selesai mengisi formulir, CS akan menginput dalam komputer sesuai isian. Selanjutnya anda diminta untuk menyetorkan uang beserta biaya kirimnya ke Teller. 
  6. Anda akan diberikan nomor antrian Teller atau diminta menunggu dan langsung di panggil Teller. Serahkan Formulir pengiriman WU beserta uangnya, Teller akan menghitung, menginput di sistem Bank dan memvalidasi transaksi.
  7. Silahkan kembali ke CS untuk menyerahkan formulir yang telah tervalidasi sistem. Anda akan diberikan MTCN (Money Transfer Control Number). 
  8. MTCN adalah pin yang digunakan untuk pengambilan uang di tempat tujuan. Sampaikan ke penerima WU melaui SMS, Email atau Telephon nomor MTCN tersebut, nama pengirim, nama penerima dan jumlah kiriman. Standar waktu pengiriman WU adalah real time, jadi saat anda sudah mendapatkan MTCN, saati itu juga pengambilan WU sudah dapat dilakukan. 
  9. Formulir kirim uang WU
  10. Pengiriman WU di Bank telah selesai. 
Informasi tambahan tentang Ketentuan-ketentuan Khusus untuk pengiriman uang dari indonesia:
  • Jumlah maksimum per sekali transaksi per pengiriman uang per orang : USD 15.000 atau setara dengan kurs rupiah yang sedang berlaku untuk agen Bank dan USD 2.000 untuk agen non-Bank.
  • Pengirim harus menunjukkan kartu identitas asli yang masih berlaku (orang asing: passport yang masih berlaku)
  • Fitur "Pertanyaan Tes" tidak tersedia di Indonesia.
  • Pengiriman Uang yang berkaitan dengan perjudian dilarang.
Demikian cara jitu kirim WU di Bank, semoga anda di mudahkan. 

No comments:

Post a Comment