...Langkah Tepat untuk Urusan Cepat...

Friday 25 September 2015

Cara Jitu Mendapat Porsi Naik Haji

Tabungan Haji Bank Syariah Mandiri
Bagi anda yang beragama Islam, menunaikan ibadah haji adalah cita-cita yang terus di tanamkan dalam hidupnya. Saat ia sudah memiliki biaya untuk melakukan perjalanan spiritual tersebut, maka kewajiban menunaikan ibadah haji menjadi kian kuat.

Saat anda baru mempunyai niat ataupun dana sudah ada, apa yang harus anda lakukan untuk mewujudkan pergi ke Tanah Suci?
Jika anda belum tahu jawabannya, saya akan coba berbagi artikel tentang Cara Jitu Mendapat Porsi Naik Haji.

Di tahun 2015, Departemen Agama RI telah membuat peraturan bahwa Dana Haji dikelola oleh Bank-Bank Syariah. Bank tersebut dikenal dengan BPS BPIH (Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji)
Tabungan Haji Bank Muamalat
Oleh karena itu, pada awal tahun tersebut telah dilakukan migrasi tabungan haji yang terlanjur terdaftar di Bank Konvensional ke Bank Syariah. 


Beberapa tahap yang harus anda lakukan untuk mewujudkan niat anda pergi haji, adalah:


  • Persiapkan identitas berfoto yang masih berlaku (KTP/SIM/Passport) dan kartu NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak).
  • Anda harus pergi ke Bank Syariah untuk membuka tabungan haji. Dana yang di perlukan untuk setoran awal pembukaan tabungan haji berkisar Rp 50.000,00 s.d Rp 500.000,00.
  • Untuk kenyamanan anda, sebaiknya pergi ke Bank Syariah terdekat dengan domisili identitas (Masih satu wilayah Kabupaten/Kota).
    Tabungan Haji BNI Syariah
  • Memakai pakaian yang baik dan tidak bersandal jepit sebagai bentuk apresiasi diri dan orang lain.
  • Sampaikan maksud kedatangan ke security Bank untuk membuka tabungan haji. Anda akan diberikan nomor antrian Customer Service (CS).
  • Di meja CS, silahkan isi form pembukaan rekening sesuai identitas dan tanda tangan buku tabungan haji.
  • Selanjutnya anda akan diminta menyetorkan uangnya ke Teller.
  • Apabila setoran pertama anda Rp 25.000.000,00 ditambah Saldo minimum (contoh Rp 25.000.000,00+Rp 100.000,00=Rp 25.100.000,00), maka anda akan diberikan copy buku tabungan dan mutasi yang telah di verifikasi pejabat Bank. 
  • Berkas copy an tersebut adalah salah satu syarat anda bisa pergi ke Kantor Wilayah Kementrian Agama Kabupaten/Kota untuk melakukan pendaftaran haji.

    Tabungan Haji BTN Syariah
  • Dan jika dana anda baru sebatas setoran awal rekening, maka mulailah mendisiplinkan diri untuk menabung rutin setiap bulannya minimum Rp 10.000,00 atau tergantung peraturan internal Bank tempat anda membuka rekening sampai saldo di tabungan menjadi Rp 25 juta ditambah saldo minimum.   



Saat copy buku tabungan sudah di tangan, anda dapat melengkapi dengan membawa asli dan Copy:
  1. Buku tabungan haji, 
  2. KTP, 
  3. Kartu Keluarga, 
  4. Buku Nikah, 
  5. Surat Kesehatan dari Puskesmas 
  6. Uang secukupnya
Lalu pergi ke Kanwil Depag Kabupaten/Kota melakukan pendaftaran haji.

Di Kanwil Depag anda akan di verifikasi data, melakukan foto, dan tentunya membayar administrasi ( denger informasi di kisaran Rp 85.000,00). Anda akan mendapatkan SPPH (Surat Pendaftaran Pergi Haji), Foto dan CD back up nya.

Setelah selesai di Kanwil Depag, anda harus secepatnya pergi ke Bank tempat membuka rekening untuk melakukan pemindahan dana dan mendapatkan porsi haji. Siskohat (Sistem Komputerisasi Haji Terpadu) Depag di Sistem Bank dibuka mulai pukul 09.00 sampai 15.00 wib.

Anda akan melakukan pemindahbukuan rekening ke rekening Kementrian Agama sebesar
Tabungan haji BRI Syariah

Rp 25.000.000,00 dan akan mendapatkan bukti telah mempunyai porsi haji berupa setoran awal BPIH rangkap lima. Setiap rangkap di tempel foto 3x4, dan di lembar pertama ada ruang untuk tandatangan anda dan pejabat Bank yang di tempel materai 6000.

  • Lembar 1 untuk nasabah
  • Lembar 2 untuk Bank
  • Lembar 3,4 dan 5 untuk diserahkan ke Kanwil Depag

Ketika urusan di Bank sudah selesai, anda harus kembali ke Kanwil Depag untuk menyerahkan berkas 3,4 dan 5 Setoran awal BPIH.




Sekarang anda sudah mempunyai porsi haji yang terdaftar di Kementrian Agama dan mengisi tabungan untuk persiapan pelunasan haji adalah hal yang dapat anda lakukan rutin setiap hari/minggu/bulan semampunya.

Untuk informasi anda, silahkan buka daftar tunggu haji sebagai bahan perencanaan keuangan persiapan naik haji.



Demikian cara jitu mendapat porsi naik haji, Semoga Anda dimudahkan.






No comments:

Post a Comment