...Langkah Tepat untuk Urusan Cepat...

Sunday 22 November 2015

Ciri Keaslian RM 10 4th Series

Desain Mata Uang
Hutan tropis Malaysia, yang merupakan salah satu hutan hujan tertua di dunia, adalah rumah bagi berbagai spektakuler tanaman berbunga. Paling ikonik di antara mereka adalah Rafflesia, bunga terbesar di dunia.

Spesies Rafflesia Azlanii fitur pada uang kertas RM10 baru adalah asli Semenanjung Malaysia dan pertama kali ditemukan di Royal Belum Forest Reserve dari negara bagian Perak pada tahun 2003.

Untuk memperingati penemuannya, bunga megah ini dinamai Sultan Perak, Sultan Azlan Muhibbuddin Shah ibni Almarhum Sultan Yusuff Izzuddin Shah Ghafarullahu-Lah .


Ukuran sesungguhnya adalah 140 mm x 65 mm.

#Artikel terkait Ciri Keaslian RM 20 4th Series

Fitur Keamanan
Fitur Keamanan;

    1. Intaglio (Intaglio); rasakan hasil cetak timbul dengan merabanya.
    2. Watermark Potrait (Potret tanda air); dekatkan uang kertas dengan cahaya putih dan amatilah;potret tanda air dan angka 10.
    3. Perfect see-through register (Daftar tembus saling silang); dekatkan uang kertas dengan cahaya putih dan amatilah;formasi lengkap angka 10 yang saling silang
    4. Colour shifting security thread (Benang keamanan berubah warna); Miringkan uang kertas dan amati : benang pengaman anyaman berubah warna dari biru menjadi merah, garis gelap bersambung dengan teks mikro BNM10
    5. Coloured glossy patch (Bidang yang berwarna mengkilat); bolak-balik uang kertas dan amatilah; garis berwarna emas dengan tulisan RM10.
    6. Micro letterings (tulisan micro); cek menggunakan kaca pembesar dan sinar UV untuk mengetahui; tulisan mikro intaglio.
    7. Two colour fluorescent element (Elemen neon dua warna); cek menggunakan kaca pembesar dan sinar UV untuk mengetahui; gambar Rafflesia dengan angka 10, mendekati warna merah dan kuning.
    8. Text and logo (Lambang dan teks); cek menggunakan kaca pembesar dan sinar UV untuk mengetahui; motif rusa dan persegi panjang dengan teks 'BNM10'. 
    9. Security fibers (Serat keamanan); cek menggunakan kaca pembesar dan sinar UV untuk mengetahui; serat berserakan dalam warna merah, kuning dan biru.  






    Demikian artikel ciri keaslian RM 10 4th Series. Semoga bermanfaat.




     Sumber: Bank Negara Malaysia 

    No comments:

    Post a Comment