...Langkah Tepat untuk Urusan Cepat...

Sunday 22 November 2015

Ciri Keaslian RM 2

Bank Negara Malaysia menerbitkan catatan RM2 baru, denominasi terendah dalam desain Malaysia seri catatan mata uang yang sama sekali baru. Seri baru menggabungkan fitur keamanan baru dan mempertahankan beberapa fitur keamanan yang ada untuk mencegah pemalsuan.

Tema umum RM2 dari seri baru adalah "Wawasan 2020" mencerminkan pembangunan ekonomi Malaysia dan prestasi terhadap negara berkembang sepenuhnya. Untuk denominasi RM2, jaringan telekomunikasi modern dipilih sebagai latar belakang motif. Seri baru ini juga akan menggunakan RM sebagai simbol mata uang untuk Ringgit Malaysia.

Fitur keamanan denominasi RM2 yang ditampilkan di sini sebagai panduan untuk umum. Fitur-fitur ini termasuk benang pengaman dengan teks berulang tulisan BNM RM2, tiga-dimensi potret tanda air, fitur anticopy dikenal sebagai "PEAK" dan serat keamanan dalam lembaran. Lembaran RM2 baru tampil dalam warna ungu dan ukuran sedikit berkurang untuk memudahkan penanganan lebih mudah. The intaglio (pencetakan timbul) dari potret Pertama Seri Paduka Baginda Yang di-Pertuan Agong dipertahankan sebagai fitur dominan.

Masyarakat disarankan untuk melihat dengan hati-hati untuk membedakan lembaran asli dari palsu.



Desain Uang
Ukuran sesungguhnya uang kertas RM 2 adalah 130 mm x 65 mm. 

#Artikel terkait Ciri Keaslian RM 5 4th Series Polymer Banknote

Fitur Keamanan:

Watermark Portrait/Potret Tanda Air (1)
Potret tanda air berbayang ditampilkan oleh cat yang lebih ringan atau lebih gelap dari kertas sekitarnya. Potret tanda air ini memiliki efek tiga dimensi yang muncul dengan lembut dan teduh tanpa garis tajam. Di dasar tanda air, angka 2 terlihat jelas.

Security Thread/Benang Keamanan (2)
Security Features
Benang tertanam di kertas dan muncul di sisi sebaliknya dari lembaran dalam warna perak berupa garis putus-putus [a]. Ketika lembaran didekatkan pada cahaya, terlihat sebagai garis berwarna gelap bersambung dan pengulangan teks BNM RM2 dapat terbaca [b]. Bila dilihat di bawah sinar ultra-violet, benang terlihat dalam berbagai warna berubah-ubah dikenal sebagai "efek pelangi" [c].

Security Fibres/Serat keamanan (3)
Bila dilihat di bawah sinar ultra-violet, serat keamanan di lembaran menjadi terlihat dalam tiga warna: merah, kuning dan biru.

Intaglio Print/Cetak Timbul (4)
Cetak intaglio adalah efek pencetakan timbul diproduksi dengan menerapkan lapisan tinta taktil pada berbagai bagian depan dan belakang sisi catatan, seperti potret Pertama Seri Paduka Baginda Yang di-Pertuan Agong, angka denominasi, elemen hias dan susunan kata "BANK NEGARA MALAYSIA".

PEAK? (Printed dan Embossed Anti-Copy Key) (5)
Ketika mengubah sudut pandang dengan menggeser catatan, warna area akan berubah dari perak putih mengungkapkan angka 2. Seluruh persegi akan bersinar di bawah sinar ultra-violet.

Perfect See-Throught Register/Sempurna Lihat-Melalui Register (6)
Ketika lembaran diadakan terhadap cahaya, bunga kembang sepatu pada bagian depan akan menyusun sempurna dengan bunga yang sama di balik lembaran. Bunga ini juga akan berpendar di bawah sinar ultra-violet.

Modulated Micro-Letterings/Tulisan Mikro Termodulasi (7)
Dalam persegi panjang taktil ini, tulisan mikro dengan tulisan RM2 semua dibaca di bawah kaca pembesar dan kolektif membentuk kata "BNM" jika dilihat dari kejauhan.

Background Micro-Letterings/Latar Belakang Tulisan Mikro (8)
Pola biru, ungu dan oranye menyerupai kotak kecil berisi teks mikro dari "BNM" bila dilihat di bawah kaca pembesar sementara kotak berwarna merah muda akan berpendar di bawah sinar ultra-violet.

Micro-letterings/Tulisan Mikro (9)
Haluan sekitar peta Asia Tenggara mengandung teks mikro dari kata "Bank Negara Malaysia" dalam nuansa warna biru, biru dan ungu kehijauan bila dilihat di bawah kaca pembesar.

Invisible Fluorescent Elements/Elemen Fluorescent tak terlihat (10)
Berbagai elemen latar belakang di depan dan belakang termasuk nomor seri dan peta Asia Tenggara akan berpendar dalam warna yang berbeda bila dilihat di bawah sinar ultra-violet. Peta Malaysia akan berpendar kuat.

Anti-Scanner/Copier Feature/Fitur Anti Scan/Copy (11)
Perairan biru pada peta Asia Tenggara yang dirancang sedemikian rupa sehingga akan mengubah penampilan ketika disalin / dipindai.

Phosphorescence Square/Pendar Square (12)
Di area ini, huruf "BNM" dan angka 2 akan menjadi terlihat di bawah sinar unltra-violet.

Braille Feature/Fitur Braille (13)
Adanya fitur braille menandai fitur lapisan tinta taktil dicetak dalam intaglio yang dapat dirasakan dengan cara menyentuhnya.


Demikian artikeciri keaslian RM 2. Semoga bermanfaat.


 SumberBank Negara Malaysia 

No comments:

Post a Comment