...Langkah Tepat untuk Urusan Cepat...

Wednesday 18 November 2015

Pengaruh Keberadaan Produk/Jasa dalam Persepsi Konsumen

Keberadaan produk/jasa dalam pemasarannya merupakan media promosi tidak langsung dan gratis. Pada periode tertentu, konsumen akan memperhatikan dan menanamkan dalam benaknya bahwa jika ia memerlukan produk/jasa tertentu ia akan menemukannya di tempat, waktu dan orang tertentu. Tiga faktor tersebut adalah jaminan mutu untuk produk/jasa yang mereka butuhkan. Saat kenyamanan konsumen sudah didapatkan maka keberlangsungan bisnis anda akan mudah dikelola.

#Artikel terkait Populer modal utama pemasaran

Berikut tiga faktor yang akan membantu produk/jasa anda tertananm kuat dalam persepsi konsumen;

#Keberadaan Tempat

Pedagang keliling harus memperhatikan dengan seksama pilihan tempat dimana dia akan berada. Kondisi ini dalam rangka menanamkan persepsi yang tepat dalam benak calon konsumen. Dalam benak konsumen harus sampai tertanam, di tempat tersebut adalah tempat anda berjualan. Jaga 'label' itu dengan baik karena itu bagian dari promosi secara tidak langsung.

Pilihan tempat, haruslah didasarkan pada letak yang straegis, di pusat keramaian yang berulang-ulang tidak hanya kadang-kadang. selain itu akses calon pembeli mudah.

Sebagai gambaran seperti yang saya perhatikan saat mudik Idul Fitri kemarin, bahwa Rumah Makan yang terletak di kiri jalan di daerah Jawa Barat dari jalur Jakarta ke Jawa Tengah lebih ramai dibandingkan Rumah Makan yang terletak di kanan jalan.
Dan hal sebaliknya terjadi saat arus balik dari Jawa Tengah ke Jakarta, Rumah Makan di kiri jalan lebih ramai dibanding yang berada di kanan jalan. Kondisi ini mencerminkan bagi pengendara yang bukan fanatik terhadap masakan akan mencari Rumah Makan untuk sekedar mengisi perut dan beristirahat akan memilih posisi yang berada di kiri jalan karena akan memudahkan akses kendaraan untuk masuk ke jalurnya walau lalu lintas padat. Hal ini lebih nyaman dibanding dia harus menyeberang untuk masuk ke jalur lalu lintas.

#Keberadaan Waktu

Pilihlah waktu keberadaan yang sesuai dengan kemampuan anda. Waktu yang akan membuat orang mengenal anda karena kebiasaan hanya ada pada jam tertentu.

Orang mengenal anda karena pada jam tertentu kemungkinan besar anda jualan, prosentase ketiadaannya kecil anda tidak ada.

Dalam tingkatan yang lanjut, keberadaan waktu anda akan merubah gaya hidup konsumen. Ketika kondisi ini terjadi maka bisnis anda mempunyai ikatan yang kuat dengan konsumen sehingga akan mengawal keberlangsungan usaha secara berkelanjutan.


#Keberadaan Orang

Sebagian konsumen merasa ada perubahan pelayanan maupun citarasa saat ada pergantian orang pemberi layanan. Oleh karena itu dalam rangka menjaga kualitas dan kenyamanan pelanggan sebaiknya dilakukan pelatihan untuk standarisasi pelayanan dan mutu produk/jasa.
Pelatihan ini akan meminimalisir ketidaknyamanan konsumen ketidak ada pergantian personil layanan sehingga tidak merubah persepsi pelanggan terhadap produk/jasa yang anda jual.

Demikian, pengaruh keberadaan produk/jasa dalam persepsi konsumen. Semoga bermanfaat.

Jangan lupa kunjungi  banknotess.blogspot.com untuk informasi mata uang seluruh dunia.

No comments:

Post a Comment