...Langkah Tepat untuk Urusan Cepat...

Sunday 22 November 2015

Ciri Keaslian RM 50 4th Series

Bank Negara Malaysia menerbitkan uang kertas RM50 baru, denominasi tertinggi kedua di desain Malaysia seri uang kertas baru (4 Series). Desain uang kertas baru RM50 adalah denominasi pertama dari Seri 4 dari lembaran mata uang Malaysia yang akan menggantikan seri yang ada secara bertahap.

Desain baru uang kertas RM50 mempertahankan warna dominan hijau-biru. Tema utama dari desain adalah Misi Nasional dimana keyakinan pertama adalah "untuk menggerakkan perekonomian melalui rantai nilai" yang mencerminkan transformasi ekonomi Malaysia untuk aktivitas nilai tambah di sektor pertanian, manufaktur dan jasa ekonomi.

Potret intaglio dominan pertama Seri Paduka Baginda Yang di-Pertuan Agong, Tuanku Abdul Rahman ibni Tuanku Muhammad, dipertahankan di sebelah kanan dan bunga kembang sepatu nasional di tengah di bagian depan uang kertas RM50 baru. pola desain dari songket tenun, yang berada di latar belakang dan tepi dari uang kertas, ditampilkan untuk mencerminkan kerajinan tekstil dan bordir tradisional Malaysia.

Uang kertas baru RM50 menampilkan Perdana Menteri pertama Malaysia, Tunku Abdul Rahman Putra Al-Haj pada deklarasi bersejarah kemerdekaan Malaya dan lambang HUT ke-50 Kemerdekaan pada sisi sebaliknya.

Anggota masyarakat disarankan untuk mencatat fitur keamanan dan desain dari catatan RM50 baru yang dituangkan. Seri uang kertas RM50 yang sudah ada akan terus menjadi alat pembayaran yang sah.

Ukuran uang kertas RM50 adalah 145 x 69 mm.
Desain Uang

Fitur Keamanan:


  • WATERMARK PORTRAIT WITH ELECTROTYPE HIGHLIGHT (1)/Potret Tanda Air dengan Sorotan Elektrik
Potret tanda air dapat diakui oleh warna yang lebih ringan atau lebih gelap dari kertas sekitarnya. Potret tanda air ini memiliki efek tiga dimensi muncul tanpa garis tajam. Di dasar tanda air, angka 50 terlihat jelas.
  • SECURITY THREAD (2)/Benang Keamanan 
Benang Keamanan tertanam di kertas dan muncul di sisi belakang dari lembaran sebagai garis putus-putus berwarna perak. Ketika lembaran didekatkan kepada cahaya, terlihat sebagai garis berwarna gelap bersambung dan pengulangan teks BNM RM50 dapat terbaca. Bila dilihat di bawah sinar ultra-violet, benang terlihat dalam berbagai warna yang berubah dikenal sebagai "efek pelangi". 
  • PERFECT SEE-THROUGH REGISTER (3)/Fitur Menyusun Sempurna
Fitur menyusun sempurna dimana desain songket grafis di sisi depan lembaran akan menyusun sempurna dengan desain songket grafis yang sama pada sisi belakan ketika didekatkan terhadap cahaya.
Detail
  • INVISIBLE FLUORESCENT ELEMENTS (4)/Elemen Tak Terlihat Berpendar 
Elemen Fluorescent tak terlihat dapat dilihat melalui berbagai elemen dari latar belakang di sisi depan dan sebaliknya dari uang kertas dan akan berpendar dalam warna yang berbeda bila dilihat di bawah sinar ultra-violet.
  • INTAGLIO PRINT (5)/Cetak Intaglio
Cetak Intaglio adalah efek pencetakan timbul diproduksi dengan menerapkan lapisan tinta taktil di beberapa bagian depan dan belakang lembaran, seperti potret Pertama Seri Paduka Baginda Yang Dipertuan Agong, angka denominasi, elemen desain dan kata-kata ' Bank Negara Malaysia '
#Artikel terkait Ciri Keaslian RM 50 4th Series  
  • MULTICOLOUR LATENT IMAGE (6)/Gambar Tersembunyi Multi Warna
Gambar tersembunyi multi warna dari denominasi 50 dapat dilihat ketika uang kertas dimiringkan sedikit dan berubah warna ketika diputar.
  • HOLOGRAPHIC STRIPE (7)/Garis Hologram
Fitur garis hologram denominasi 50 dan bunga kembang sepatu, dengan memompa multi-warna dan efek struktur anyaman ketika uang kertas dimiringkan sedikit.
  • NUMBERING (8)/Angka
Angka berpendar di bawah sinar ultraviolet.
  • BRAILLE FEATURE (9)/Fitur Braile
Fitur Braille dari bentuk berlian ditandai dengan lapisan tinta taktil dicetak dalam intaglio dapat dirasakan dengan sentuhan.
  • INTAGLIO MICRO-LETTERING (10)/Tulisan Mikro Intaglio
Tulisan mikro dapat dilihat di bawah kaca pembesar.

Demikian artikel ciri keaslian RM 50 4th Series. Semoga bermanfaat.




 Sumber: Bank Negara Malaysia 

No comments:

Post a Comment