...Langkah Tepat untuk Urusan Cepat...

Saturday 21 November 2015

Ciri Keaslian RM 100 3rd Series

Desain Uang Kertas
Bank Negara Malaysia menerbitkan catatan RM100 baru, denominasi tertinggi dalam desain baru uang kertas Malaysia seri (3 seri). 

Seri baru menggabungkan fitur keamanan baru dan mempertahankan beberapa fitur keamanan yang ada untuk mencegah pemalsuan. Seri baru akan beredar bersama seri yang ada hingga seri yang ada secara bertahap akan ditarik dari peredaran.

Tema dari seri baru, "Wawasan 2020" mencerminkan pembangunan ekonomi Malaysia dan prestasi terhadap negara berkembang sepenuhnya. 

Untuk denominasi RM100, motif latar menggambarkan sektor manufaktur. Ini diwakili oleh lini produksi mobil, di samping yang menunjukkan secara dekat mesin mobil Proton. Di tengah lembaran menggambarkan roda gigi dan pola-cam dari sisi dan keseluruhan rotasi. Seri baru ini juga akan menggunakan RM sebagai simbol mata uang untuk Ringgit Malaysia

Ukuran uang kertas RM100 adalah 150 x 69 mm.


#Aritkel terkait Ciri Keaslian RM 100 4th Series 


fitur keamanan:
  1. Watermark Portrait (Foto Tanda Air). Tanda air berbayang terlihat dari warna terang
    Desksipsi
    dan gelap dari kertas sekitarnya. Foto tanda air ini memiliki efek tiga dimensi yang terlihat lembut dan teduh tanpa garis tajam. Di dasar tanda air, angka 100 terlihat jelas.
  2. Security Fibres (Serat Keamanan). Apabila dilihat di bawah sinar ultraviolet, serat keamanan di kertas muncul dalam tiga warna merah, kuning dan biru.
  3. Security Thread (Benang Keamanan). Benang tertanam di kertas dan muncul di sisi sebaliknya dari uang kertas sebagai garis berwarna perak putus-putus (a). Ketika uang kertas didekatkan kepada cahaya, terlihat sebagai garis berwarna gelap bersambung dan pengulangan teks BNM RM 100 dapat terbaca (b). Bila dilihat dibawah sinar ultra-violet, benang terlihat dalam warna berubah berbagai jenis dikenal sebagai 'efek pelangi' (c).
  4. PEAK (Printed and Embossed Anticopy Key). Ketika mengubah sudut pandang dengan menggeser lembaran, angka 100 akan terlihat di pusat PEAK?persegi. Seluruh persegi akan berpendar di bawah sinar ultra-violet. Ketika didekatkan kepada cahaya, tiga ruang terbuka di sisi depan akan mengisi sempurna dengan tanda diciteak sama pada sisi sebaliknya.
  5. LEAD (Longlasting Economical Anticopy Device). Desain hologram yang merupakan motif yang sama seperti yang digunakan di daerah ungu dengan yang LEAD? strip sebagian overprinted serta kata-kata "RM100" dan "B & M". Warna elemen ini berubah ketika sudut pandang digeser. Pada kedua sisi strip, pola cetak khusus menjadi terlihat di bawah sinar ultra-violet
  6. Intaglio Print. Cetak intaglio adalah efek pencetakan timbul diproduksi dengan menerapkan lapisan tinta taktil pada berbagai bagian depan dan belakang sisi lembaran, seperti potret Pertama Seri Paduka Baginda Yang Dipertuan Agong, angka denominasi, elemen hias dan susunan kata "BANK NEGARA MALAYSIA".
  7. Phosphoresence Square. Di persegi ini, huruf "BNM" dan angka 100 akan menjadi terlihat di bawah sinar ultra-violet.
  8. Perfect See-Through Register. Ketika lembaran didekatkan pada cahaya, bunga kembang sepatu pada bagian depan akan menyusun sempurna dengan bunga yang sama di balik lembaran. Bunga ini juga akan berpendar di bawah sinar ultra-violet.
  9. Invisible Fluorescent Elements. Berbagai elemen latar belakang pada depan dan belakang akan berpendar dalam warna yang berbeda bila dilihat di bawah sinar ultra-violet.
  10. Novel Numbering. Serial peningkatan angka dalam ukuran akan membuatnya lebih sulit untuk dipalsukan. Nomor berpendar di bawah sinar ultraviolet.
  11. Braille Feature. Tanda braille bentuk berlian memiliki lapisan tinta taktil dicetak dalam intaglio yang dapat dirasakan oleh menyentuh.
  12. Anti-Scanner/Copier Features. Catatan fitur di tempat tertentu, dirancang sedemikian rupa sehingga ini akan mengubah penampilan ketika disalin / dipindai.
  13. Modulated Micro-Letterings. Dalam persegi panjang taktil ini, teks mikro RM100 akan terlihat di bawah kaca pembesar dan bersama-sama membentuk kata "BNM" jika dilihat dari kejauhan.
  14. Background Micro-Letterings. Pola persegi panjang keunguan mengandung teks mikro "BNM" bila dilihat di bawah kaca pembesar sementara beberapa persegi panjang keunguan akan berpendar di bawah sinar ultra-violet.
  15. Micro-Letterings. Baris pada akhir jalur perakitan mobil berisi teks mikro dari kata "BANK NEGARA MALAYSIA" dalam cahaya ungu bila dilihat di bawah kaca pembesar.

Demikian artikel ciri keaslian RM 100 3rd series, semoga bermanfaat.
 Sumber: Bank Negara Malaysia 

No comments:

Post a Comment